Modifikasi Fullwave Biar Aki Nggak Tekor


nah,sekarang saya akan share tentang modifikasi fullwave.Sering kita mengalami kejadian“aki tekor” padahal kita udah pakai regulator/Kiprok ORIGINAL motor. Misalnya pada saat kita memasang lampu HID, memasang klakson kapal, menambah pernak – pernik lampu ato memodif lampu depan .Dari problem tersebut, kita tidak boleh serta merta menyalahkan akinya, apalagi jika sistem pengisian masih menganut SINGLE WAVE misalnya motor Supra, Grand, dan masih banyak lagi yang lainnya.Hal ini dapat diatasi dengan modifikasi fullwave dengan memasang kiprok Tiger(biasanya).Regulator Fullwave adalah regulator gelombang penuh, yang artinya dapat menyearahkan tegangan secara penuh(menjadi DC dari AC) sehingga dapat melakukan pengisian aki secara lebih optimal.Untuk modifikasi pada Supra x 125 / Kharisma nggak ada jalur spul lampu, cuma 2 tap solder di stator , satu untuk jalur charging dan satu lagi untuk grounding. Identifikasinya gampang , tab ground ada kabel hijau tersolder di situ — kabel hijau di Honda artinya jalur GROUND.Jadi,kawat spul yang tersolder di tab itu, pasti “ground spul” .

 
Stator Honda Supra X 



125Stator Honda Karisma juga mirip-mirip 
Stator Honda Karisma Modifikasinya masih tetap sama ,kawat spul yang nempel di ground/bodi (A) harus dicabut dari tab ground , trus disambung ke kabel tambahan untuk dijadikan input AC ke regulator fullwave, sama seperti kabel putih pada stator.Langkah selanjutnya sama seperti modifikasi fullwave di motor-motor lainnya .Ganti regulator bawaan motor dengan regulator fullwave, misal, regulator Honda Tiger .Pindah-pindah sedikit jalur-jalur kabelnya dan selesai.Nah,setelah motor kelistrikan sudah jadi fullwave,sekarang sudah bisa pasang aksesories tentang kelistrikan seperti HID,Klakson kapal,luxeon,cree dan sebagainya tanpa takut aki tekor.semoga post ini dapat berguna bagi agan-agan sekalian.


Sumber : Di sini dan Di sini







0 komentar:

Posting Komentar